Cara Mengatasi dan Menghilangkan Rasa Malas

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Rasa Malas

         Rajin pangkal kaya, malas pangkal bodoh, mungkin itulah salah satu pribahasa yang paling cocok untuk seorang pemalas.  Karena memang rata-rata orang pemalas itu identik dengan orang bodoh lalu identik juga dengan orang yang miskin.

Dari sejerah juga telah membuktikan, bahwa bangsa yang memiliki etos kerja tinggi dan tidak bermalas-malasan bisa menjadi kekuatan dunia. Contoh saja jepang yang  sangat terkenal dengan etos kerjanya yang sangat “WOW”, bahkan orang Jepang merasa malu jika harus pulang kerja terlalu cepat. Salah satu contoh lagi adalah Korea yang  terkenal dengan budaya kerja mereka yang cepat.

Nah, kadangkala rasa malas pasti mengghingapi anda walaupun anda sedang menyadarinya. Bagaimana cara menghilangkannya? Kali ini kita akan membahas hal tersebut, jadi  simak baik-baik tips berikut ini:

1. Tetapkan Impian

    Pertama, coba tetapkan dan tanyakan kepada anda sendiri, apa impian anda dalam hidup ini. Jika impian anda sudah sangat jelas, modal dasar sudah anda pegang dengan baik. Dalam hidup kita harus memiliki impian. Misalnya, saya harus sekolah di sekolah favorit saya dan memberangkatkan orang tua naik haji, dan sebagainya. Masing-masing impian sesuaikan dengan Impian anda sendiri.

2. Jangan suka menunda

    Jika harus ya harus, jangan membiasakan diri menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Waktu tidak akan behrnti sedetikpun dan waktu tidak akan pernah bisa kembali. Jika anda memilih tidur dan menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting.padahal anda memiliki kewajiban yang sebenarnya harus anda lakukan. Sama artinya anda membunuh waktu dan kesempatan anda sendiri.

3. Disiplin diri

    Hampir identik dengan tidak menunda-nunda diatas. Disiplin merupakan salah satu kunci orang-orang yang telah sukses. Jadikanlah kedisiplinan sebagai munu wajib yang harus kita jalankan setiap harinya dalam hal apapun juga dan lihatlah hasilnya.

4. Buatlah Jadwal

Buatlah jadwal kegiatan yang harus anda lakukan. jangan sampai anda melewati hari-hari tanpa tahu apa yang harus anda kerjakan. Ingatlah impian anda dan anda akan lebih mudah merancang hal-hal apa saja yang harus anda lakukan untuk meraih impian anda dalam hidup.

5. Konsekuen dengan jadwal

    Jika jadwal anda sudah dibuat dengan baik, maka akan tidak berguna jika anda tidak melakukan apa yang telah anda jadwalkan sebelumnya. Hal ini sangat penting dan harus komitmen, karena rencana tanpa ACTION sama saja dengan OMONG KOSONG dan hanya akan menjadi angka-angka belaka. Dengan menjaga komitmen atas apa yang akan anda lakukan, InsyaAllah apa yang akan anda impikan bakal tercapai.

6. Buatlah Target

  Buatlah sebuah target yang harus anda selesaikan dalam jangka waktu  yang sudah anda tentukan sendiri. misalnya besok pagi tugas saya harus sudah selesai. Nah, dengan anda mempunyai target seperti ini, maka anda akan cepat bertindak dan rasa malaspun akan hilang.

7. Jadikan kisah orang lain sebagai peyemangat anda

 Anda bisa menjadikan kisah-kisah orang yang telah sukses dalam hidupnya sebagai penyemangat anda dalam mencapai impian anda. Dengan cara ini, kemungkinan rasa malas tidak akan menghampiri anda. Karena, biasanya rasa malas itu muncul saat anda lemah motivasi merasakan betapa beratnya perjalanan hidup menuju sukses dan lain sebagainya. Dengan anda memiliki kisa orang sukses, maka anda akan terhindar dari yang namanya malas.

8. Berteman dengan orang yang bukan pemalas

   Ketika seseorang bergaul dengan orang pemalas, maka kemungkina besar dia akan ikut menjjadi sosok orang yang pemalas juga, begitu sebaliknya. Tinggal anda pilih sendiri, anda ingin menjadi pemalas atau jadi orang yang disiplin dalam hidup. Jika anda memilih teman yang bukan pemalas, maka andapun tidak akan jadi pemalas, karena teman sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan kita.

9. Hindari melamun

  Hindari kebiasaan melamun tidak jelas. Carilah kegiatan yang bermanfaat daripada harus menghabiskan waktu anda untuk hal-hal yang tidak berguna. Waktu terus berputar, jika anda tidak cepat maka anda akan tertinggal. Dengan anda mengisi waktu luang anda untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat, anda akan terbiasa untuk tidak malas.

10. Lihatlah semua masalah dengan positif

    Ketika menghadapi masalah , ambilah sisi-sisi positif dan manfaatnya, jangan sampai melihat sisi neagtifnya. Anggaplah semua masalah itu pasti ada jalannya, jika kita mau mencari solusinya. Melihat sisi kesulitan dari masalah hanya akan membuat kita jadi malas bertindak. Boleh memikrikan kesulitan, tetapi jangan berlarut-larut, segeralah ambil tindakan maka masalahpun akan terselasaikan.

 

ini belom selesai.. admin lagi UJIAN KENAIKAN KELAS doakan supaya naik kelas dan bisa mendapat rangking ya Aminn🙂

Admin harus belajar, berdoa, dan berusaha. Wassalam..

sampai ketemu lagi To Be Continue :))

2 thoughts on “Cara Mengatasi dan Menghilangkan Rasa Malas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s